Kegiatan Memakmurkan Masjid Baitusslaam di Bulan Ramadhan 1435 H

Sholat Lima Waktu Berjamaah di Masjid Baitussalaam

Sholat 5 Waktu berjamaah, sebagaimana biasanya dengan Imam Ust. H. Habib Abdurrahman. Namun bulan Ramdhan tahun ini ada penambahan dengan mendatangkan  dua Imam Hafid Al Qur’an  bernama Ust. Raghibul Haq dan Saifulloh El Hanif dari Pondok Pesantren Muhammadiyah Ali Bin Abi Thalib, Jalan Kartini No. 6 Kauman Muntilan Jawa Tengah. Roghibul berasal dari Kalbar, Jalan Hang Bunyu No. 08 Sebatik Barat Kabupaten Nunukan, Kalimantan Barat.  Saifulloh berasal dari Banyumas, Jalan Raya Jatilawang Banyumas Jawa Tengah.

Sholat Tarawih dan Kultum Tarawih

Sholat Tarawih dengan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih dilakukan delapan rakaat dengan empat kali salam dan ditutup dengan tiga rakaat shalat witir.

Pelaksanaannya, setelahSholat ‘Isya kemudian diisi ceramah singkat (Kultum) sesuai yang telah ditetapkan dalam Jadwal Penceramah Ramadhan Masjid Baitussalaam ( Jadwal satu dan Jadwal dua). Dilanjutkan Sholat Tarawih dan Witir.

Sebelum acara ceramah singkat (Kultum) pengurus menyampaikan pengumuman penting terkait kegiatan Masjid Baitusslaam, utamanya Keuangan Dana Pengembangan Pembangunan Masjid Baitussalaam.

Kuliah Subuh

Kuliah subuh dilakukan pada setiap hari minggu pagi dengan : Ustadz H. Asthohari Amani Ustadz H. Nanang Novita dan lainnya.

Tadarus Al Qur’an

Tadarus Al Qur’an pada malam-malam ramadhan. Paling istiqomah Majlis Ta’lim Ibu-Ibu. Begitu pula Remaja Masjid Baitussallaam. Sedangkan kaum Bapak-Bapak umumnya bersifat nafsi-nafsi membaca al Qur’an di rumah masing-masing.

‘Itikaf

Sebagaimana Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, I’tikaf dilakukan pada malam ganjil yaitu pada malam 25 dan 27 ramadhan.

Berbuka Puasa dengan Ta’jil

Ta’jil disediakan oleh ibu-ibu di lingkungan Masjid Baitussalaam setiap hari sesuai dengan Jadwal Ta’jil 1435 H yang telah dibuat oleh panitia. Selain itu secara spontas Donatur Lainnya  Kegiatan ta’jilan telah rutin dilakukan dari tahun ke tahun.

Penerimaan Zakat (Amil Zakat)

Bentuk Pantia Ramadhan dan ‘Idul Fitri 1435 H (Susunan Panitia I dan  Panitia II) dilanjutin Surat Edaran Zakat dan Idul Fitri kepada warga muslim sekitar Masjid Baitussalaam. Penerimaan Zakat Fitrah dalam bentuk beras (kualitas beras yang dimakan sehari-hari) adalah sebesar 2,5 Kg atau 3,5 Liter. Perhitungan besaran Zakat Mal diserahkansepenuhnyakepada para Muzakki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: