Laporan Penyelenggaraan Idul Adha / Qurban 1434 / 2013 M

LAPORAN PENYELENGGARAAN

SHOLAT ‘IDUL ADHA DAN PEMOTONGAN HEWAN QURBAN

TAHUN 1434 H / 2013  M

I.     Pendahuluan

Puji dan Syukur kehadirat ALLAH SWT atas segala nikmat, karunia dan rahmatNYA sehingga kita Panitia beserta seluruh kaum Muslimin dan Muslimat warga Komplek Buaran Baru  dapat  bekerjasama bersatupadu   dalam pelaksanaan ‘Idul Adha 1434 H/2013 M.  Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, shahabatnya serta ummatnya yang setia mengikutinya hingga akhir zaman.

Sebagaimana tahun-tahun  sebelumnya kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), dengan kegiatan ‘Idul Adha & Pemotongan Hewan Qurban telah dilaksanakan oleh  DKM (Dewan Kemakmuran Masjid)   Baitussalaam. Alhamduillah kegiatan tahun ini berjalan lancar.

Kelancaran kegiatan ‘Idul Adha & Pemotongan Hewan Qurban tersebut, merupakan hasil  kerjasama yang baik dari seluruh jajaran panitia, diperkuat dukungan partisipasi dari seluruh warga RT,007 Komplek Buaran Baru,  Kampus Kampus UIC / SMU Bhakti Samudra. Bahkan  Warga   tetangga dilingkungan RW.015 dan RW.10 turut  membantu dengan memberikan hewan qurban

Bersyukur dan berbahagialah bagi  yang telah banyak berkorban, baik pengorbanan berupa moril maupun materiil, baik secara terang-terangan maupun tersembunyi tanpa pamrih untuk suksesnya pelaksanaan ‘Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban. Bersyukur dan berbahagia pula bagi  yang baru memulai berkorban sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit pula.

Hal tersebut mencerminkan jiwa nasionalisme pentingnya kebersamaan ummat demi kerukunan, persatuan dan kesatuan warga RT.007 Komplek Buaran Baru dan sekitarnya..

II      Maksud dan Tujuan.

  1. Sebagai pertanggung jawaban Panitia Penyelenggara kepada kaum mulsimin dan muslimat warga Komplek Buaran Baru, Ketua DKM Baitussalaam dan Ketua RT.007/015 Komplek Buaran Baru, Duren Sawit, Jakarta Timur tentang penyelenggaraan  ‘Idul Adha & Pemotongan Hewan Qurban  tahun 1434 H / 2013 M.
  2. Sebagai uhwah Islamiyah, upaya pemantapan keharmonisan hubungan antar warga, Ulama dan Umaro guna memperkokoh  kerukunan, persatuan dan kesatuan warga RT.007 dan warga tetangga sekitarnya.

III     Rangkaian Kegiatan.

Rangkaian kegiatan dalam rangka penyelenggaraan sholat ‘Idul Adha dan Pemotongan  Hewan qurban 1434 H / 2013  M   meliputi  :

  1. Sholat  ‘Idul Adha Sholat ‘Idul Adha 1434 H / 2013 M dilaksanakan di Masjid Baitussalaam   pada hari  Selasa  10 Dzulhijjah 1434 H / 15    Oktober  2013 M  jam 07.00  Wib, Imam Ustad Habib Abdurrahman dan Khotib Ustad Dimiyati SPd dengan judul Istiqomah Menjaga Kesholehan.
  2. Susunan Acara Shalat Idul Adha : Takbir bersama; Pengumuman penerimaan dan rencana penyaluran hewan/daging Qurban;  Shalat dan Khotbah Idul Qurban;
  3. Penerimaan, Pemotongan hewan  dan penyaluran daging qurban.
IV . Penerimaan, Pemotongan hewan  dan
penyaluran daging qurban.
 
1.  Penerimaan.

Penerimaan  dan pembelian hewan qurban sebagai koordinator  Bp. Sartono. Hasil penerimaan  hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi  dan 29 ekor kambing. Hewan qurban sapi tahun ini sama dengan tahun sebelumnya sebanyak 4 ekor sapi, namun penerimaan hewan qurban kambing  tahun ini  meningkat  dibanding tahun sebelumnya yaitu pada tahun 1433 H/2912 M  sebanyak  22  ekor kambing  meningkat  menjadi 29 ekor kambing pada tahun 1434 H/2013 M. Peningkatan ini menunjukkan tingkat ekonomi  membaik dan peningkatan keimanan dengan kesadaran pengamalan agama untuk kehidupan yang lebih baik di dunia – akherat.

2.  Pemotongan.

Pemotongan  hewan qurban sebagai koordinator Bp. Joko Mulyono. Pemotongan dan Pengelatan dilaksanakan pada hari Selasa   10 Dzulhijjah 1433 H / 15 Oktober 2013 M mulai jam 08.00 Wib bertempat di samping Masjid Baitussalaam.   Saat pelaksanaan pemotongan hewan qurban  dilakukan pemeriksaan  oleh Bp. L. Eko Pramudianto SP dan Ibu Yamin SE,  petugas  Kesehatan Sudin  Peternakan Perikanan DKI Jakarta  dengan hasil  semua hewan qurban dinyatakan  sehat dan sehat dimakan. Jumlah daging qurban setelah dilakukan pemotongan menghasilkan sebanyak 801 bungkus/kantong. Perinciannya, 4 ekor sapi  menjadi 600 bungkus/kantong dan 29 ekor kambing menjadi 201 bungkus/kantong. Tiap bungkus = ½ Kg daging sapi/kambing + tulang dll.

3.  Penyaluran.

Penyaluran, distribusi, pembagian daging hewan qurban sebagai koordinator Ibu H. Hartono. Menejemen pendistribusian telah dibuat data base nama-nama warga yang diberikan kupon. Pembagian kupon dengan petugas sukrelawati daerah RT.006.015 Ibu Sartono dan Ibu Yayan. Sukarelawati daerah RT.09/RW.010 adalah Ibu Sutrisno dan Ibu Najib Panitia mencetak kupon sebanyak  580 lembar, namun kupon  yang terpakai (terealisir) hanya 540 lembar,  Yang menarik tahun ini setiap peng-qurban diberikan hak bagian daging qurban ditambah jatah 3 (tiga)  lembar  kupon untuk kerabat yang membutuhkannya, hal ini mendapat-kan respon positif dari para peng-qurban. Sukses distribusi dengan kerjasama melakukan pembersihan area pemotongan hewan qurban.

Penyaluran daging qurban dari sebanyak 801 bungkus/kantong tersebut diatas dengan perincian : Yang pakai kupon sebanyak           548  bungkus ,  Warga RT.007 sebanyak      64  bungkus , Panitia dan warga yang bantu/pekerja sebanyak   95  bungkus,  Tanpa kupon sebanyak     94  bungkus.

Penyaluran daging qurban tersebut diprioritaskan/diutamakan untuk memenuhi kebutuhan warga RT.007 Komplek Buaran Baru, kemudian selebihnya disalurkan kepada warga tetangga RT sekitarnya di lingkungan RW.015 dan RW.010 Duren Sawit Jakarta Timur.

4.  Laporan Keuangan

Secara keseluruhan keuangan, pelaksanaan qurban sebagai berikut  :
–       Pemasukan                    : Rp. 5.792.500
–       Pengeluaran                  : Rp. 5.792.500
–       Nihil                                  : Rp.    000

V.  Evaluasi dan Saran :

Pada hari Jumat  13 Dzulhijjah 1434 H / 18 Oktober 2013 M   jam 19.00 Wib (ba’da Isya) di Masjid Baitussalaam diselenggarakan Rapat Pembubaran Panitia sekaligus melakukan evaluasi rangkaian kegiatan penyelenggaraan Sholat ‘Idul Adha dan Pemotongan Hewan  Qurban, terutama pada hal-hal yang  menonjol dan memerlukan penyempurnaan, selanjutnya sebagai masukan dalam penyelenggaraan kegiatan serupa dimasa yang akan datang.      Hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian sebagai  berikut  :

  1. Penyempurnaan susunan Panitia  Sholat ‘Idul Adha dan Pemotongan Hewan  Qurban bukan terpisah Panitia Sholat ‘Idul Adha sendiri dan juga Panitia Pemotongan Hewan  Qurban sendiri, melainkan menjadi satu rangkaian kegiatan hanya satu Panitia Sholat ‘Idul Adha dan Pemotongan Hewan  Qurban.
  2. Masalah Seksi Pembelian dan Pemotongan Hewan Qurban dalam praktek pelaksanaannya terjadi dualisme (dua grup) pembelian dan pemotongan (penyembelihan) hewan qurban, hal ini dirasa terlihat kurang etis dan perbuatan hal serupa jangan sampai terulang kembali pada tahun mendatang.
  3. Setiap hewan qurban harus diberikan identitas peng-qurban dengan tanda nomor atau nama jelas peng-qurban secara patent jangan sampai hilang. Misalnya pakai cat pilox atau kalung patent.
  4. Pencetakan kupon harus tercatum dengan memberikan dead line (batas waktu berlakunya kupon), misalnya Kupon berlaku pada hari tanggal…. Pk. 12.00 Wib s/d 15.00 Wib    Hal ini untuk kepastian hukum bagi pengambil daging qurban maupun petugas/panitia.
  5. Pembentukan Pantia ‘Idul Adha dan Pemotongan Hewan  Qurban Tahun 1435 H/2014 M mendatang dilakukan jauh hari minimal 1 (satu) bulan sebelum  hari H   Ketua Panitia sebaiknya bergantian agar supaya saling merasakan, saling belajar, saling memiliki, saling  bertangungjawab bersama memakmurkan Masjid Baitussalaam.
  6. Setelah panitia terbentuk tahun depan, seluruh panitia dengan penuh kesadaran untuk mengikuti pengajian, pengkajian khusus pelaksanaan Sholat ‘Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban, sebagaimana tahun 1433 H/2012 M sehingga dapat memahami satu visi misi dan melaksanakan amanah tugas kepanitiaan secara benar sesuai syariat Agama Islam.
  7. Untuk kelancaran pemotongan dan pencacahan hewan qurban, sebaiknya Pengurus Masjid Baitussalaam, memiliki barang inventaris berupa peralatan seperti alat pemotong tulang, pisau dan lain sebaginya sesuai kebutuhan.

VI,    Penutup.

    1.  Secara umum  rangkaian kegiatan dalam rangka penyelenggaraan Sholat ‘Idul Adha dan pemotongan hewan qurban tahun 1434 H/2013  M  dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar.
    2.  Panitia  mengucapkan terima kasih kepada kaum muslimin dan muslimat yang telah melaksanakan ibadah qurban dengan memberikan kepercayaan keapada Panitia Quban Masjid Baitussalaam Komplek Buaran Baru Duren Sawit Jakarta Timur.
    3. Terima kasih pula kepada para sesepuh, Ketua RT, Ketua PKK RT.007 dan Ibu-Ibu, para remaja dan kepada semua pihak yang telah beramal berupa sumbangan pikiran, tenaga dan material (dana) demi suksesnya pelaksanaan ‘Idul Adha dan pemotongan hewan  Qurban di Komplek Buaran Baru RT.007/015 Duren Sawit Jakarta Timur.
    4.  Diharapkan kegiatan ‘Idul Adha & pemotongan hewan qurban, dengan bergantian Ketua Panitia, dalam pelaksanaannya akan lebih baik di tahun mendatang
    5.  Dimaklumi, penjilidan laporan ini sangat terbatas, dan bagi kaum muslimin dan muslimat yang berkenan membacanya dapat  dibaca secara bergantian, kritik dan saran yang  bersifat membangun  sangat diharapkan demi kemakmuran Masjid Baitussalaam.
Demikian, apabila ada kalimat kurang pas atau ada kekeliruan dalam laporan panitia  ini, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza Semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak

Jakarta,  13 Dzulhijjah 1434 H / 18 Oktober 2013 M

Panitia   ‘Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban

Tahun 1434 H /   2013 M

     Ketua                                          Sekretari

ttd                                                     ttd

Supardi  Madkamar                                 Gempur Putera

IMG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: