Laporan Penyelenggaraan Sholat ‘Idul Adha dan Pemotongan Qurban 1433 H/2012 M

MASJID BAITUSSALAAM

Sekretariat : Komplek Buaran Baru Rt.007/015,

Duren Sawit Jakarta Timur 13440

Blog  :  https://masjidbaitussalaam.wordpress.com

==========================================================

LAPORAN PENYELENGGARAAN

SHOLAT  ‘IDUL   ADHA  DAN PEMOTONGAN QURBAN

TAHUN 1433 H / 2012  M

1.     Pendahuluan

Puji dan Syukur kehadirat ALLAH SWT atas segala nikmat, karunia dan rahmatNYA sehingga kita Panitia beserta seluruh kaum Muslimin dan Muslimat warga Komplek Buaran Baru  dapat  bekerja suskses  dalam pelaksanaan ‘Idul Adha 1433 H/2012 M.  Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, shahabatnya serta ummatnya yang setia mengikutinya hingga akhir zaman. Tentunya termasuk Panitia beserta kaum Muslimin dan Muslimat warga RT.007. Amin ya robbal ‘alamiin.

Kita ketahui bahwa pada setiap memperingati Hari Raya Qurban (‘Idul Adha) ada 2 peristiwa penting yang selalu kita jadikan momentum pada diri kita untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik untuk dapat menggapai maghfiroh dan ridho Allah SWT.  Peristiwa Qurban dan Ibadah haji selalu memberi hikmah yang dapat kita petik untuk dapat memandu kita ke jalan keselamatan, jalan kedamaian dan kesejahteraan dunia dan akhirat baik dalam kapasitas sebagai individu, masyarakat dan sebagai hamba Allah.

Berkaitan pelaksanaan qurban,  Kajian Seputar Fiqih Qurban oleh Ust. Ibnu Rahman Al Bughury SHi telah dijelaskan dalam pengajian di Masjid Baitussalaam agar supaya segenap Panitia ‘Idul Adha dan Qurban memahami dan melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai ketentuan agama Islam.

Rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana, diawali dengan pelaksanaan Sholat ‘Idul Adha di Masjid Baitussalaam  pada hari Jum’at 10 Dzulhijjah 1433 H / 26 Oktober 2012 M dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Ketua RT.007, Bapak Tugiyo kepada Ketua Panitia, Bpk. Miftahol Arifin di lokasi penampungan hewan qurban di depan Pos Keamanan Blok G Komplek Buaran Baru. Kemudian esok harinya pada hari Sabtu 11 Dzulhijjah 1433 H / 27 Oktober  2012 dilaksanakan pemotongan hewan qurban untuk didistribusikan kepada Mustahiq warga Komplek Buaran Baru dan sekitarnya, utamanya warga masyarakat di lingkungan RW.015  Duren Sawit,  Jakarta Timur.

2.   Maksud dan Tujuan.

Sebagai laporan kepada Ketua Umum Masjid Baitussalaam dan Ketua RT.007/015 Komplek Buaran Baru, Duren Sawit, Jakarta Timur tentang penyelenggaraan ‘Idul Adha 1433 H / 2012 M  dengan tujuan sebagai pertanggungjawaban Panitia Penyelenggara.  Sebelumnya juga Panitia telah menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada seluruh kaum Muslimin dan Muslimat warga RT.007. Laporan ini juga sebagai arsip pada Perpustakaan Masjid Baitussalaam, Komplek Buaran Baru.

3.   Rangkaian Kegiatan.

Rangkaian kegiatan dalam rangka penyelenggaraan sholat ‘Idul Adha dan pemotongan hewan qurban 1433 H / 2012  M  meliputi  : :

3, a.   Sholat  ‘Idul Adha 1433 H / 2012  M.

Sholat ‘Idul Adha 1433 H / 2012 M dilaksanakan di Masjid Baitussalaam   hari Jum’at 10 Dzulhijjah 1433 H / 26  Oktober  2012 M  jam 06.45  Wib, Imam Ustad Habib Abdurrahman dan Khotib Ustad Abdurrahman Lc  dengan Thema Kepemimpinan Ibrahim AS , dan dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan secara simbolis hewan qurban oleh Ketua Rt.007, Bapak Tugiyo kepada Ketua Panitia, Bpk. Miftahol Arifin untuk dipotong dan dagingnya didistribusikan kepada yang berhak menerimanya.

          Susunan Acara Shalat Idul Adha :

  • Takbir bersama;
  • Pengumuman penerimaan dan rencana penyaluran hewan/daging Qurban;
  • Shalat dan Khotbah Idul Qurban;
  • Penyerahan hewan qurban dari Ketua RT.007 kepada Ketua Panitia ‘Idul Qurban

3. b.   Penerimaan, Pemotongan hewan  dan penyaluran daging qurban.

1)   Penerimaan.

Setelah Pembentukan Panitia ‘Idul Adha, Panitia membuat Surat Edaran Seruan Qurban kepada warga Komplek Buaran Baru, Jama’ah Masjid  Baitussalaam dan menyampaikan surat edaran tersebut kepada handai tolan  yang isinya siap menerima hewan

qurban dan membantu mengusahakan hewan qurban bagi mereka yang tidak ada kesempatan untuk menyiapkan sendiri. Hasil penerimaan hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi dan  22 ekor kambing. (terlampir)

2)     Pemotongan.

Panitia ‘Idul Adha memotong 4 ekor sapi dan 22 ekor kambing hewan qurban yang dilaksanakan hari Sabtu 11 Dzulhijjah 1433 H / 27 Oktober 2012 M mulai jam 08.00 Wib bertempat di samping Masjid Baitussalaam dengan tenaga pemotong Bapak H. Dermawan dkk.  Saat pelaksanaan pemotongan hewan qurban tidak ada pemeriksaan dari  Tim dari Dinas Peternakan Duren Sawit, namun demikian   Alhamdulillah semua hewan qurban sehat,   Dari 4 ekor sapi  dan 22 ekor kambing dikemas menjadi  700 bungkus, untuk diditribusikan kepada mustahiq

3)         Penyaluran.

Panitia menyalurkan   700 bungkus  kepada mustahiq yang berhak, diutamakan warga di wilayah RW.015 baik secara individu yang mengantri maupun rukun tetangga Komplek Buaran Baru serta warga sekitarnya, utamanya di lingkungan RW.015.

4.    Laporan Keuangan

Secara keseluruhan  keuangan, diperoleh pemasukan  sebesar  Rp. 3.600.000 dan pengeluaran juga sebesar Rp. 3.600.000, sehingga saldo nihil (terlampir)

5.    Evaluasi dan Saran.

Pada hari Minggu tanggal 27 Dzulhijjah 1433 H / 11 Nopember 2012 M di Masjid Baitussalaam berlangsung  Rapat Pembubaran Panitia ‘Idul Adha sekaligus melakukan evaluasi rangkaian kegiatan penyelenggaraan Sholat ‘Idul Adha dan pemotongan hewan qurban, terutama pada hal hal yang menonjol dan memerlukan penyempurnaan, selanjutnya sebagai masukan dalam  penyelenggaraan kegiatan serupa dimasa yang akan datang.

Hal hal yang perlu mendapat perhatian sebagai berikut :

  1. Untuk menjaga kesucian tempat ibadah Masjid Baitussalaam, hendaknya masjid jangan digunakan sebagai tempat daging qurban dan pendistribusian daging qurban.  Pemotongan, penempatan dan pendistribusian daging qurban diatur sedemikian  rupa disekitar luar Masjid Baitussalaam.  Bahkan  bila memungkinkan dicarikan fasilitas umum/fasilitas sosial (fasum/fasos) yang memadai jauh diluar Masjid Baitussalaam. Misalnya, pemotongan hewan qurban di sekitar Aula RT.007 dan pendistribusian hewan qurban menggunakan Aula tersebut. Tentunya perlu mendisain tempat pemotongan  hewan qurban di pinggir kali sedemikian rupa dan aman.  Pada acara tersebut ditutup portal depan dan portal belakang Komplek Buaran Baru.
  2. Untuk lebih diperketat pengamanan dan pengawasan terhadap setiap kegiatan sejak dilakukan pemotongan, pencucian jerohan, pencacah daging, tulang, kepala  dan kulit hingga distribusi daging hewan qurban kepada mustahiq. Pengawasan tersebut sebagai antisipasi kemungkinan  adanya  pembantu pekerja menyalahgunakan amanat mencari keuntungan sendiri dengan mengambil  daging sebelum dilakukan pembagian daging qurban. Begitu juga pengawasan terhadap  antrian warga dari luar komplek Buaran Baru agar supaya berjalan lancar   Hal ini tentunya  personil pengamanan  dan pengawas yang memadai.  Oleh karena itu, selain petugas Satpam perlu melibatkan warga dengan jumlah sesuai kebutuhan.
  3. Untuk musyawarah Pembentukan Panitia ‘Idul Adha tahun mendatang,  sebaiknya dilakukan jauh hari sekitar 1 (satu) bulan sebelum hari H.  Berdasarkan musyawarah pula pemilihan posisi Ketua Panitia ‘Idul Adha, sebaiknya berganti setiap tahun. Hal ini agar supaya saling merasakan, saling belajar / memberi kesempaan kepada yang lain, saling memiliki, saling bertanggungjawab bersama memakmurkan Masjid Baitussalaam. Selain itu dalam rangka upaya memperkokoh kerukunan, persatuan dan kesatuan seluruh warga Komplek Buaran Baru RT.007  Panitia terpilih harus dapat saling berkoordinasi dengan baik, pengawasan pos-pos tertentu yang rawan harus diperketat. Kemudian satu minggu sebelum hari H, Ketua terpilih mengadakan breefing kepada seluruh anggota pengurus agar supaya memahami tugasnya masing-masing sehingga berjalan optimal roda  kepengurusan ‘Idul Adha di masa mendatang.
  4. Untuk kelancaran pemotongan dan pencacahan hewan qurban, sebaiknya Pengurus Masjid Baitussalaam, memiliki barang inventaris berupa peralatan seperti alat pemotong tulang, pisau dan lain sebaginya sesuai kebutuhan.

6.    Penutup.

Seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka penyelenggaraan Sholat ‘Idul Adha dan pemotongan hewan qurban 1433 H/2012 M dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar, Beberapa hal yang masih kurang dan perlu dievaluasi guna mendapat perhatian serta dijadikan masukan pada penyelenggaraan kegiatan serupa dimasa mendatang.

Bersama ini, tidak lupa ucapan terima kasih kepada kaum muslimin dan muslimat yang telah melaksanakan ibadah qurban dengan memberikan kepercayaan keapada Panitia Quban Masjid Baitussalaam Komplek Buaran Baru Duren Sawit Jakarta Timur.

Terima kasih pula kepada Ketua PKK RT.007 dan Ibu-Ibu yang telah berinisiatif menyediakan konsumsi serta kepada semua pihak yang telah beramal berupa sumbangan pikiran, tenaga dan material (dana) demi suksesnya pelaksanaan ‘Idul Adha dan Qurban.

Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء

Semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan balasan yang terbaik.

Demikan dan apabila ada kekeliruan atau kesalahan dalam laporan ini, akan dibetulkan sebagaimana mestinya

Jakarta,  11   Nopember 2012

Panitia   ‘Idul Adha 1433 H / 2012  M

Ketua                                                Sekretaris

Miftahol Arifin                                      Supardi

Mengetahui :

                                        Ketua Rt.007                     Ketua Umum Masjid Baitussalaam

                     Tugiyo                                        H. M. Sumardi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: